background img

The New Stuff

raptor membalik kata rekursif

raptor membalik kata rekursif

PENGERTIAN REKURSIF

Rekursi adalah konsep pengulangan yang penting dalam ilmu komputer. Konsep ini dapat digunakan untuk merumuskan solusi sederhana dalam sebuah permasalahan yang sulit untuk diselesaikan secara iteratif dengan menggunakan loop for, while do. Pada saat tertentu konsep ini dapat digunakan untuk mendefinisikan permasalahandengan konsisten dan sederhana. Pada saat yang lain, rekursi dapat membantu untuk mengekspresikan algoritma dalam sebuah rumusan yang menjadikan tampilan algoritma tersebut mudah untuk dianalisa.


Rekursi Dasar

Rekursi mempunyai arti suatu proses yang bias memanggil dirinya sendiri. Dalam sebuah rekursi sebenarnya tekandung pengertian sebuah prosedur atau fungsi. Perbedaannya adalah bahwa rekursi bisa memanggil dirinya sendiri, kalau prosedur atau fungsi harus diipanggil melalui pemanggil prosedur atau fungsi. Untuk memulai bahasan rekursi, kita membahas sebuah masalah sederhana yang kemungkinan kita tidak berpikir untuk menyelesaikan dengan cara rekursif. Yaitu permasalahan faktorial, yang mana kita menghitung hasil faktorial dari sebuah bilangan, yaitu n. Faktorial dari n (ditulis n!), adalah hasil kali dari bilangan tersebut dengan bilangan di bawahnya, di bawahnya hingga bilangan 1. 

Sebagai contoh, 4! = (4)(3)(2)(1).
Salah satu cara untuk menghitung adalah dengan menggunakan loop, yang mengalikan masing-masing bilangan dengan hasil sebelumnya. Penyelesaian dengan cara ini dinamakan iteratif, yang mana secara umum dapat didefinisikan sebagai berikut:

n! = (n)(n-1)(n-2) … (1)

Cara lain untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan cara rekursi, dimana
n! adalah hasil kali dari dengan n!, sehingga (n-1)! adalah n-1dikalikan dengan (n-2)!, dan (n-2)! adalah n-2
dikalikan dengan (n-3)! dan seterusnya sampai dengan n = 1, kita menghentikan penghitungan n! Cara rekursif untuk permasalahan ini, secara umum dapat kita detailkan

sebagai berikut:

n dengan (n-1)!. Untuk menyelesaikan (n-1)! adalah sama

1

jika n=0, n=1

F(n) =

nF(n-1)

jika n>1

DAN INI PROGRAM RAPTOR MEMBALIK KATA SECARA REKURSIF.
semoga bermanfaat raptor ini. . . .




0 comments:

Post a Comment

New

Popular Posts